IMPLEMENTASI STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PRAKTIKUM FISIKA DASAR

Rudy Kustijono  
Dosen Jurusan Fisika Unesa
rudyunesa@gmail.com

Abstrak
Telah  dilakukan  penelitian  untuk  mengimplementasikan  student  centered  learning  dalam praktikum fisika dasar. Berdasarkan pengalaman di jurusan fisika Unesa selama ini, kendala yang dijumpai adalah masih  banyak  mahasiswa  yang  belum dapat mandiri dalam melaksanakan kegiatan  praktikumnya  karena  lebih  banyak  menunggu  penjelasan  dari pembimbing  dan  kurang  berinisiatif  dalam  menyelesaikan  masalah  praktikumnya.  Student centered  learni ng   (SC L)  merupakan  strategi pembelajaran  yang menempatkan mahasiswa sebagai subyek aktif dan mandiri yang bertanggung jawab sepenuhnya atas  pembelajarannya. Memperhatikan karakteristik praktikum yang lebih  mengarah  pada  pengembangan keterampilan ilmiah (hard skills dan soft skills) mahasiswa dalam mengidentifikasi gejala dan menyelesaikan masalah perlu dilakukan pendekatan pembelajaran yang inovatif yang dapat mengembangkan  keterampilan  ilmiah    mahasiswa  secara  maksimal.  Untuk  mengatasi keadaan  tersebut,  telah  diujicobakan  suatu  mekanisme  implementasi  SCL  dalam  praktikum fisika  dasar  yang  diharapkan  dapat  mengoptimalkan  keterampilan  praktikum  mahasiswa. Efektivitas  mekanisme  kegiatan  praktikum  dengan  pendekatan  SCL  tersebut  dilihat berdasarkan  sejauhmana  sasaran  yang  diinginkan  tersebut  tercapai.
Hasil  implementasi student centered learning dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Atribut-atribut student centered learning yang dapat diintegrasikan ke dalam praktikum fisika dasar meliputi: kerja kelompok, diskusi, menulis, presentasi, dan pemecahan masalah. 2) Atribut-atribut softs skills mahasiswa  yang  bersesuaian  dengan  atribut-atribut  student  centered  learning  yang diintegrasikan ke dalam praktikum fisika dasar adalah: kerjasama merupakan penekanan dari kegiatan  kerja  kelompok,  manajemen  diri  merupakan  penekanan  dari  kegiatan  diskusi, komunikasi  tulis  merupakan  penekanan  dari  kegiatan  menulis, komunikasi lisan merupakan penekanan  dari  kegiatan  presentasi,  berfikir  kritis dan  analitis  merupakan  penekanan  dari pemecahan  pemecahan  masalah.  3)  Mekanisme  implementasi  student  centered  learning dalam  praktikum  fisika  dasar  melalui  kegiatan  yang  meliputi:  pralaboratorium,  praktikum, pelaporan,  dan  presentasi.  Implementasi  student  centered  learning  dalam  praktikum  fisika dasar  tersebut  dapat  mendukung  keterampilan  praktikum.  Mekanisme  implementasi  SCL dalam  praktikum  fisika  dasar  tersebut  cukup  efektif  dalam  membekali  keterampilan praktikum  yang  harus  dimiliki  mahasiswa. 4)  Mekanisme  implementasi  student  centered learning  dalam  praktikum  fisika  dasar  tersebut  cukup  efisien  digunakan,  karena  mahasiswa maupun  pembimbing  praktikum  dapat  menggunakan  waktu  dan  peralatan  praktikum  yang tersedia dengan baik.
Download file selengkapnya
Sumber :  Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA)                Vol 1 No. 2, Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar