ICT ICT ICT yeaaah-

Bagaimana si ICT ini bisa mendukung Inquiry based learning, cooperative learning, dan individual learning?

  • Konsep inquiry based learning mempunyai siklus pembelajaran yang meliputi: 
1) pertanyaan/ problem; 
2) investigasi; 
3) penyajian/ penyampaian hasil; 
4) diskusi; dan 
5) refleksi. 
Berdasarkan tahapan-tahapan yang dilakukan tersebut, maka penggunaan ICT dalam pembelajaran model ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Tahap pertanyaan. Pada tahap ini, ICT dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menunjukkan atau memberikan problem/ pertanyaan yang berhubungan dengan kasus aktual. Tahap investigasi. Pada tahap ini, penggunaan ICT dapat digunakan untuk memfasilitasi eksperimen, eksplorasi, atau pencarian informasi yang dapat dilakukan secara on-line maupun secara off-line. Tahap penyampaian hasil dan diskusi. Pada tahap penyajian atau penyampaian hasil, ICT dapat digunakan sebagai media untuk memfasilitasi presentasi dan mendemonstrasikan hasil seperti dalam bentuk paper, gambar, atau bentuk lainnya. Tahap refleksi. Tahap refleksi dapat disampaikan dengan menggunakan ICT dengan cara menyajikan simpulan akhir dari pembelajaran yang dilakukan dalam bentuk visualisasi.
  • Pada cooperative learning umumnya mempunyai siklus:
             (1) pertanyaan / tugas,
             (2) bentuk kelompok kerja,
             (3)investigasi, 
                   (4) penyajian / penyampaian hasil, 
                   (5) diskusi, 
                   (6) kesimpulan dan refleksi.
    • Dalam individual learning, 
     ICT dapat dimanfaatkan dalam bentuk computer-assisted instruction (CAI) yang 
           bersifat off line maupun web-based course yang bersifaton line. Pada CAI atau web
           -based course dapat berisi di dalamnya tentang teks/informasi,drill dan latihan, 
                 simulasi, tutorial, instructional games,  problem  solving programs, test,dan umpan 
           balik. Guna mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif, dalam pencarian 
           sumber belajar atau sumber informasi, peserta didik harus dimotivasi untuk  
           melakukan pencarian informasi sebanyak mungkin dengan berbagai cara, diberbagai 
           waktu, dan di berbagai tempat, misalnya buku, jurnal, surat kabar/majalah, 
           multimedia,web, atau masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar